Sunday, July 10, 2016

Satu-satunya Sumber Pengetahuan adalah Pengalaman


Berpetualanglah, untuk memetik berjuta pengalaman. Yup ini serius. Berpetualang disini bukan seperti yang kalian bayangkan saat ini, yaitu ambil kendaraan atau tabungan lalu wuushh pergi ke daerah-daerah antah berantah sambil membawa misi latah "My Trip, My Adventure", jiahahaha...

Berpetualang disini artinya lebih luas bahkan mencakup upaya menerobos batas-batas pemikiran yang selama ini belum tersentuh dengan tujuan membangun pengalaman-pengalaman baru. Mencoba model-model lain ilmu pengetahuan dan penemuan, merevisi kembali teori-teori manusia bumi atau planet lain dan sebagainya serta lain-lainnya.

Tentu ada sisi dimana petualangan itu harus tetap memegang teguh prinsip kebenaran. Jangan mencoba petualangan spiritual bila kemampuan diri dalam melihat kebenaran masih sangat rendah. Alih-alih menemukan kemajuan dalam pengetahuan, yang ada malah bisa jadi kesesatan yang sangat mengerikan. Anda bisa GILA!

Petualangan meski kelihatannya tinggal cap cus namun sesungguhnya tetap saja membutuhkan perbekalan yang kuat, baik fisik, mental maupun keilmuan teknis. Pengetahuan akan terus berkembang di tangan orang-orang yang memiliki bekal kuat dalam berpetualang dan menyukai aktifitas petualangan.

Jika adik ingin menjadi seorang petualang, maka siapkanlah diri kalian sekarang juga dengan sebaik-baiknya. Banyak-banyak berlatih dan mencoba petualangan meski kecil-kecilan. Ingat sekali lagi, petualangan ini bukan wisata, petualangan ini adalah eksplorasi yang bertujuan meningkatkan kemampuan ilmu dan wawasanmu. Jadi lakukan dengan penuh kesadaran, jangan terlena di perjalanan.

Perjalanan dalam petualangan tentu bukan sebuah keadaan yang selalu mulus, ada kalanya sangat ekstrim dan menguras energi. Kesabaran yang tinggi dan semangat untuk terus maju sangat diperlukan. Kita masih ingat betapa banyak sumber daya yang di butuhkan Thomas Alfa Edison saat ia berpetualang dalam upaya menemukan bola lampu pijar. Beratus-ratus kali uji coba musthi ia lakukan, hingga akhirnya berhasil menemukan bola lampu. Hal yang sama di alami pula oleh para penemu dan pemikir hebat dunia saat mereka berpetualang untuk membuat dunia ini semakin baik.


Sekarang giliran kalian mengambil peran. Jangan duduk manis saja di rumah atau di sekolah dengan HP atau Laptop kesayanganmu. Tutup dan tinggalkan piranti itu jika tak pernah membawamu kemana-mana, tak ada ilmu baru yang kamu dapatkan. Mari berpetualang, dan temukan pengetahuan baru untuk kehidupan.