Sunday, February 1, 2015

Kriteria Kekasih Terbaik (3)

Kisah keenam, kekasih terbaik bisa jadi orang yang kita benci. Hal ini bukan merujuk pada keadaan cinta berawal dari benci, seperti yang ada dalam film atau sinetron-sinetron di televisi. Namun lebih cenderung kepada sikap kebencian kita pada seseorang hingga mungkin kita tak mau lagi menemuinya apalagi menerima dia. Apapun yang dia lakukan adalah segala hal yang membuat kita jadi muak, ilfil, bete', dan apapun itu.

Keadaan ini sekarang jamak terjadi di muka bumi. Lihatlah berapa ribu suami meninggalkan istri dan istri meninggalkan suami tatkala apa-apa yang terjadi sebenarnya adalah suatu hal yang harus mereka terima dengan berserah diri kepada Alloh SWT, namun mereka lebih memilih jalan yang mengikuti hawa nafsunya. Padahal bagi seorang Islam, belum dikatakan sesorang itu beriman sebelum Alloh memberikan ia ujian dan dia berserah diri padaNya. Itu dalam tataran orang-orang yang sudah mengikat hubungan secara sah dalam bingkai pernikahan, lalu bagaimana bagi yang pacaran ? Ini lebih parah lagi.

Tak akan jadi pacar selain dia yang di sukai oleh hati. Dan itu adalah ciri khas dari hawa nafsu. Alih-alih memilih pribadi yang baik secara fisik dan akhlak, manusia lebih cenderung memilih pribadi yang baik fisik dan modenya.

Apa bedanya ?

Fisik jelas semua manusia akan memilih yang indah. Nah yang kedua ini yang berbeda. Akhlak bukan sekedar otak. Ia adalah perwujudan menyeluruh dari nurani, hati,mode, perilaku hidup, kebiasaan, ketaqwaan, wawasan, dan lain sebagainya yang bila berakumulasi akan menjadi sebuah jalan kebenaran dan kebaikan. Sayangnya kadang jalan benar dan baik ini bukanlah jalan yang menyenangkan untuk pemahaman manusia di dunia. Sehingga akhlak baik justru dianggap akan menjadi bumerang ketika dijadikan pilihan.

Lalu bagaimana dengan mode? Yah inilah yang menjadi pilihan manusia saat ini setelah fisik dalam mencari pasangan hidup yang terbaik. Tapi sebelumnya perlu disadari bahwa mode memang kelihatan baik namun ujung-ujungnya nanti kita akan hidup bagai meminum air laut, luas dan banyak namun tak akan pernah menyegarkan kehausan ini.

Mode adalah sesuatu yang sangat mudah dikenali dan disukai setelah fisik. Pernah liat cewek cantik atau cowok ganteng ? Menurut anda kenapa ia kelihatan begitu menarik selain karena fisiknya yang baik? Nah jawaban itulah yang saya maksud. Mode.

Ketertarikan akan mode membuat seseorang tak lagi menghiraukan apa yang ada dibalik dia. Apa dia taqwa kepada Alloh SWT, apa ia taat kepada ulil amrinya, apa ia taat kepada orang tuanya, apa ia taat kepada gurunya, apa ia peduli pada lingkungannya, apa ia berwawasan positif untuk dunianya dan lain sebagianya. Seakan semua itu sirna di telan oleh betapa cool dan kerennya dia. Padahal jika kita menginginkan kehidupan yang bahagia di dunia dan di akhirat, Alloh SWT dan RasulNya telah menunujukkan agar kita memilih teman yang bisa mendekatkan diri kita kepadaNya... nah apalagi itu adalah seorang pendamping hidup.

Bersambung.............