Friday, July 19, 2019

10 Teori ‘GILA’ tentang Kehidupan di Luar Bumi.


Artikel berikut berisi teori maupun penemuan kehidupan diluar bumi yang sebagian mungkin kita anggap ‘gila’ sebab tak masuk dalam akal sehat kita. Bagaimana kita pahami, sering manusia mempertanyakan apakah kita yang hidup dibumi hanya satu-satunya kehidupan yang ada di galaksi ini. Ternyata banyak pembuktian yang simpang siur terhadap kebenarannya. Banyak para ahli yang mengatakan adanya kehidupan lain selain di bumi. tapi ada juga bahwa alien atau kehidupan diluar bumi itu hanyalah mitos.

Berikut ini yaitu 10 teori ‘gila’ tentang kehidupan selain di bumi dan akan membuat anda berfikir apakah itu fakta atau mitos belaka.

1. Thomas Dick dan 50 Miliar Venuis. 
Apa jadinya jika seseorang menghitung jumlah penduduk di planet seperti yang dilakukan oleh Thomas Dick. Dia dan Menteri Skotlandia telah melakukan sensus antar planet. Dia mengambil populasi Inggris sebagai titik acuan dan menyimpulkan bahwa terdapat 50 miliar makhluk hidup di Venus. bukan hanya itu astronom amatir ini berani memberi pernyataan Mars memiliki 15 miliar Marsian. Jupiter 7 triliun Jupiterinos dan Saturnus 8 triliun Saturnises dan juga matahari dinyatakan dihuni. Dia bahkan bisa menghitung sebanyak 31 kali seorang diri.

2. Solarians. 
Ternyata, Thomas Dick tidak sendiri. Pernyataannya tentang matahari yang dihuni disetujui oleh Nicholas Of Cusa. seorang teolog dan matematik telah menulis bahwa di suatu tempat di matahari terdapat makhluk luar angkasa yang terang dan bercahaya. Makhluk tersebut hampir sama dengan makhluk yang menghuni bulan. Dia mengatakan, Makhluk itu diciptakan tidak sia-sia, merekalah yang dapat memberikan cahaya untuk kehidupan di alam semesta.

3. Pesan dari Mars. 
Seorang ilmuwan cemerlang bernama Nikola Tesla membuat pernyataan bahwa Mars yaitu planet yang bisa dihuni. dia menghitung bahwa Mars telah mencapai usia tua dan telah melewati tahap utama evolusi biologi dan teknologi. Oleh karena itu dia menyarankan relokasi observatorium miliknya untuk menangkap sinyal yang lebih jelas. dia percaya akan memenangkan Pierre Guzman Priza of 100,000 francs. bagi orang pertama yang bisa berkomunikasi dan menerima pesan respon dari planet. tapi aturan dari hadiahnya itu ada pengecualian untuk planet Mars karena akan terlalu mudah. karena itu masyarakat tidak punya kesempatan untuk menganalisa penemuan Tesla tersebut. Ada kemungkinan yang dilakukan tesla itu benar, Namun penemuannya itu masih dikatakan jauh untuk sesuatu yang luar biasa.

4. Tanda Alien. 
Pada 12 Agustus 2013 saat terjadinya puncak hujan meteor Perseid. seorang Astrobiologist dari Universitas Sheffield meluncurkan balon udara 27 km ke stratosfer dan kembali lagi ke bumi. Penelitian Milton Wainwright sangat mengejutkan, dia menyatakan balon itu kembali dengan berkas kehidupan asing. Dia menyatakan partikel-partikel itu terlalu berat yang datang dari tanah, karena itu sudah pasti alien yaitu dalangnya. Tapi beberapa orang percaya kalau apa yang dia temukan yaitu salah. seperti pernyataannya yang salah sebelumnya dan kredibilitas Wainwright juga dipertanyakan. Karena dia selalu percaya teori panspermia – asal mula kehidupan biologis bumi melalui hujan meteor dari luar angkasa.

5. Jupiter dan Bulannya. 
Jupiter sudah lama benjadi perbincangan panas. planet ini kabarnya mendukung adanya kehidupan di luar bumi yang dibandingkan dengan planet raksasa lainnya di tata surya. Tapi ternyata Atmosfer luar Jupiter diketahui cukup dingin untuk membekukan apapun hingga mati. dan permukaan gas metana dan amonia akan membunuh dengan cepat. Namun beberapa ilmuwan menyatakan bahwa keseimbangan gas itu bisa ditemukan diantara daerah itu. tapi juga diyakini bagian lainnya bisa mempertahankan organisme. seperti organisme yang hidup mengapung atau mengambang seperti ubur-ubur. Dan juga bulan Ganymede yang bisa ditinggali oleh makhluk asing. yaitu diantara lapisan air garam bulan tersebut. Menurut Washington State University, Astrobiologist, Dirk Schulze Makuch, bulan Jupiter mengandung cairan air miliaran tahun yang lalu.

6. Alien Ada di Pluto. 
NASA menyatakan telah menemukan sisa laut bersuhu hangat di permukaan pluto. Adanya retakan di permukaan Pluto yaitu suatu tanda adanya Samudra di bawah tanah yang suhu airnya hangat. Adanya penemuan laut ini ditebak kalau ada alien yang hidup disana. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa air yaitu sumber kehidupan dari umat manusia. Maka penemuan NASA yang baru ini tentang planet pluto yaitu penemuan yang sangat baik. dan kita mungkin bisa berharap untuk penemuan-penemuan berikutnya.

7. Life in Titan. 
Titan yaitu bulan dari Saturnus. Titan disebut-sebut sebagai bumi purba, tapi sampai saat ini belum ada kehidupan disana. Menurut penelitian ilmuwan, senyawa-senyawa seperti nitrogen dan hidrogen yang cukup besar ditemukan pada atmosfernya. Di Titan juga ditemukan asam amino. Namun pernyataan dari Jurnal Icarus menunjukkan berkas gas hidrogen menghilang dari permukaan Titan. dan menurut Jurnal Of Geographic Research mencatat rendahnya tingkat asetilena hidrokarbon di permukaan bulan. Sinar matahari dan kosmik mungkin bertanggung jawab untuk menghilangnya hidrogen dari permukaan bulan itu.

8. Experimen ‘Gila’ Para Ilmuwan. 
Kepercayaan pada Planet Mars yang katanya ada suatu kehidupan disana memang tidak ada habisnya. Kepercayaan yang diyakini oleh ilmuwan matematika dari Jerman bernama Friedrich Gauss. ilmuwan ini berusaha untuk menunjukkan bahwa dirinya bisa membuat tanda hubungan komunikasi melalui penelitiannya yaitu dengan membuat tambalan besar di ladang gandum yang luasnya beberapa mil dalam bentuk geometris yang menggambarkan Teorema Pythagoras. Saat musim panen ladang gandum itu akan menguning, yang warnanya terang akan kontras dengan warna gelap hutan. Menurut dia penghuni Mars mengamati penduduk bumi melalui teropong bintang. Ada lagi ide yang masyhur dari Joseph Littrow yang hidup di abad 19 yang menyarankan menggali parit yang panjangnya 30km dan berbentuk pola geometris di gurun Sahara. yang akan diisi dengan bahan bakar dan akan membuat cahaya terang saat dibakar. Seseorang dari Prancis, Charles Cros menyarankan membangun cermin besar yang memfokuskan sinar matahari yang akan mengirim pesan ke permukaan Mars.

9. Kepercayaan Arthur C. Clarke. 
Penulis buku dan penulis skenario Arthur C. Clarke sangat mempercayai foto yang di downloadnya dari website NASA. foto yang di potret oleh Mars Global Surveyor. Penulis ini bisa dibilang cukup keras kepala dengan apa yang dia lihat tapi tidak seperti faktanya. Lelaki ini percaya bahwa foto yang dia lihat menunjukan ada berkas tumbuh-tumbuhan yang pernah ada di Mars. Namun faktanya, foto tersebut merupakan bukit pasir ditutupi oleh karbon dioksida beku. yang seiring waktu membuat pasir gelap yang ada dipermukaan bukit pasir tadi meninggalkan coretan. dan saat terpotret akan terlihat seperti bekas tumbuhan.

10. Viking Mendarat di Mars. 
Viking disini yaitu salah satu dari wahana angkasa yang dikirimkan oleh NASA saat tahun 70-an. Wahana viking ini mendarat di planet merah yang kita kenal dengan planet Mars. Viking ini mencari tanda kehidupan di Mars dan menemukan berkas karbondioksida setelah itu mengambil sampelnya yang langsung diteliti oleh para ahli. Beberapa waktu kemudian hasil penelitian itu menunjukkan bahwa ternyata karbon itu ternyata berasal dari dalam tanah. yang secara alami teroksidasi senyawa karbon itu sendiri. Dan sampai sekarang, penelitiannya hanya memfokuskan pada organisme yang hidup.

Sumber