Tuesday, October 6, 2015

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menikah

Menikah adalah suatu hal yang menyenangkan, suer loh, kakak gak bohong. Jadi bagi kamu yang belum menikah, kakak saranin segera menikah, karena dalam pernikahan ada banyak berkah yang bisa kalian dapatin, meski ada tanggungjawab dan tantangan yang tak mudah pula. Namun bila kamu serius dan selalu bertaqwa, insya Allah segala tantangan itu akan bisa kalian hadapi bersama sebagai suami istri. Lalu kapan sih waktu yang tepat untuk menikah ?


Untuk menikah, patokan kebanyakan orang adalah kemapanan dan kesiapan lahir bathin. Itu adalah stadart yang sah-sah saja, karena untuk menjaga kokohnya binaan keluarga baru. Namun sebenarnya kemapanan dan kesiapan itu sendiri relatif, karena pernikahan itu unik. Menurut kakak, ada yang lebih penting dari sekedar kemapanan dan kesiapan tadi, berikut pendapat kakak.

Pertama adalah cinta. Yup. Syarat pertama kalian dapat warning agar segera menikah adalah cinta. Cinta adalah sebuah rasa yang tak mudah untuk dikendalikan, meskipun sebagian orang bilang mereka mampu mengendalikan cinta. Tapi fakta membuktikan, justru manusia banyak yang dikendalikan oleh cinta. Oleh sebab itu, sudah berapa puluh ribu kasus dan masalah muncul karena cinta yang tak terkendali, yang bikin pusing pemilik cinta, keluarganya hingga pemerintah. Oleh sebab itu, saya menempatkan tanda-tanda pertama bahwa kamu harus siap-siap menikah adalah cinta.

Kedua, pasangan yang jelas dan berakhlak baik. Ini nih, tanda kedua bahwa kamu harus segera menikah. Kalau kamu ketemu atau dilamar seseorang yang jelas asalnya dan berakhlak baik, maka sesungguhnya tak pantas kamu menunda untuk menikah. Ini adalah kesempatan terbaikmu, karena mungkin Allah SWT hanya mengirim orang jenis ini sekali dalam hidupmu, atau mungkin esok kamu akan mati sehingga tidak sempat menikmati indahnya hidup dalam kehalallan bersama dia. 

Tentu kamu gak perlu buru-buru langsung bilang IYA, maksud kakak adalah bila adik-adik ketemu sama orang jenis ini dan kalian akrab, atau orang macam ini melamar dirimu, sebaiknya pertimbangkan untuk segera serius menerima meski dia mungkin usia, kerjaan atau pendidikan tak sesuai harapanmu. Akhlak diwujudkan dari perilaku nyata, bukan dari kerjaan, ijasah atau umur seseorang.

Ketiga, Saat kamu mudah stress, merasa sendiri dan cenderung destruktif dalam memandang serta menjalani hidup. Diwaktu ini, sebaiknya kamu segera menikah. Jangan malah lari ke hal-hal yang negatif, seperti diskotik, minum-minuman keras, begadang, pergaulan bebas dan sejenisnya. Dengan menikah kamu akan memiliki partner yang akan membantu kamu menjalani hidup dengan lebih baik. Cukup banyak, orang yang awalnya bermasalah dengan tabiat, berubah menjadi baik setelah ia menikah. Hal ini membuktikan bahwa pernikahan mampu merubah keadaan yang buruk menjadi baik. Sayangnya masih banyak orang yang stress justru lari ke hal-hal yang tidak sesuai tadi.

Keempat. Ketika kamu merasa asyik sendiri. Lhoh, kok bisa. Iya bisa dong. Dijaman sekarang ini, sudah jamak para jombloer itu memilih menjomblo dengan alasan karir dan belum siap, sampai-sampai pemerintah Jepang juga pusing gara-gara ini, dimana para generasi mudanya memilih tidak menikah gara-gara ingin fokus bekerja, mereka udah terlanjur asyik dengan kesendiriannya. Nah hati-hati dengan hal ini. Tidak ada yang melarang kamu hidup sendiri, namun sungguh akan jauh lebih menyenangkan bila kamu menikah. Bila kamu bilang bahwa masih ingin berkarir, dan kamu tidak menikah karena tak ingin terganggu prestasi karirmu., maka kamu salah besar. Justru dengan menikah, kamu insya Allah akan semakin sukses dan sukses dalam karir. Gak, percaya? Buktikan sendiri dong, dengan menikah  

Kelima. Saat kamu sudah punya pacar. Hei, dik... buat apa pacaran lama-lama, emang enak makan hati tiap hari. Ingin ketemu ja susah, harus lewat telpon, harus jalan, harus ini harus itu. Bayangkan kalau sudah nikah, pasti enak. Mau ketemu kapan saja bisa, dan kamu pun bisa melewati waktu-waktu romantismu selalu sama dia... Nah, makanya, putus pacaran dan ubah jadi pernikahan segera. Bagaimana kalau kamu masih sekolah? Lah, yo kamu jangan pacaran dong, temanan aja, jadi asyik dan seru. Kamu akan bisa lebih fokus ke prestasi kamu. Emang kamu mau menikah sambil sekolah SMP atau SMA gitu, hehehe.... 


Setidaknya, itulah kelima tanda kapan kamu dapat warning agar segera menikah. Sesungguhnya tak ada waktu yang tepat, yang ada adalah keputusan yang tepat, untuk menyelamatkan diri dari hal-hal sesat karena hawa nafsu. Kalau kamu masih bingung, bolehlah kita ngobrol, silahkan hubungi kakak di pin 529ABD4E. Dengan senang hati, kakak akan membalas celoteh adik :) 

Ngomong-ngomong, memang kakak juga sudah menikah? Hahaha... Ssst, masih proses, hahaha.