Monday, July 6, 2015

Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Kejujuran

Ketika anda menjual bagaimana perasaan anda? Anda ingin dagangan anda laku atau anda ingin mempengaruhi orang lain dengan persuasi dan hypnotic selling yang termutakhir agar mereka membeli produk anda?  Padahal barangkali waktu itu anda tahu bahwa produk dan kata-kata yang anda ucapkan penuh dengan jebakan, artinya sebenarnya apa yang anda sampaikan tidak sepenuhnya seperti itu... Walah, berarti Anda telah berbohong ya?!

Ayolah kawan, jujur saja.....?!

Jujur? Nanti kalau tidak laku bagaimana? Kalau tidak laku? Ya sudah resiko? He...he....

Tenang-tenang jangan emosi dulu. Saya mau mengajukan pertanyaan kepada Anda. Andai anda adalah seorang konsumen dan anda telah membeli sebuah produk yang anda dapatkan karena anda tidak bisa menolak  iklan, sales letter, promosi atau ucapan dari empunya produk, karena ia jago dalam persuasi & hipnotic selling, dan setelah anda mendapatkan produk itu ternyata eh ternyata produk itu tidak sehebat ’ucapannya’ dan lebih parahnya lagi produk itu betul-betul tidak berguna bagi anda, kira-kira apa yang akan anda rasakan? Apakah Anda akan membeli dari ’orang’ itu lagi andai suatu saat ia kembali menjual dagangannya yang lain kepada Anda?

Tentu jawabannya mudah sekali ditebak ”Anda kecewa dan tidak akan lagi percaya sama dia”... Begitu pula konsumen Anda, bila menerima sesuatu produk yang Anda tawarkan namun tidak di jual dengan kejujuran, hancurlah reputasi kita.

Jadi artinya,........ Ayo jujur

Mari kita menjual barang yang betul-betul kita pahami baik dan jeleknya, lebih dan kurangnya. Jangan ada yang ditutupi. Menjuallah selalu dari dalam hati, niscaya kita akan mendapatkan dunia penjualan yang menyenangkan. 



Menyenangkan? Wong tidak laku kok menyenangkan.
Tidak ada yang tidak laku kalau produk kita betul-betul baik dan kita jual dengan baik-baik pula.  

"Anda tahu, jika pelayanan Anda tidak memuaskan, pelangggan Anda tidak akan memberitahukannya kepada lima teman mereka, tetapi kepada 5000 teman. Jadi kita perlu mencurahkan segala hal yang diperlukan untuk membangun sebuah perusahaan yang penting dan tahan lama, dan jika kita tidak melakukannya, akan memalukan akibatnya bagi kita". - Jeffrey Bezos – Amazon