Thursday, February 11, 2016

Mengantuk Setelah Sarapan Pagi

Pernahkah adik-adik merasakan mengantuk berat setelah makan pagi? Hal ini bisa terjadi karena adik tadi bangun tidur tidak melakukan olah raga yang cukup, sehingga begitu memulai aktifitas pagi setelah sarapan, mata adik-adik jadi terasa kantuk, hal ini biasanya terjadi 1 – 2 jam setelah adik-adik sarapan.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya sangatlah mudah, caranya setelah bangun tidur lekas-lekaslah untuk sholat subuh, syukur-syukur sebelum mengambil air wudhu minumlah dulu dua gelas air, atau sekitar 500 cc, gunanya adalah untuk memberi kesegaran pada bagian dalam tubuh yang semalaman mungkin kehausan hehehe... Habis sholat, lanjutkan dengan olah raga kurang lebih 30 menit.

Olah raga yang bisa dikerjakan misal jalan kaki, lari-lari kecil, aerobik dan lain-lain. Kalau ingin olah raga yang agak berat, seperti angkat beban, silahkan pemanasan yang cukup dulu agar tubuh tidak mengalami keterkejutan sehingga bisa mencederai diri sendiri.

Setelah olah raga, lakukan pendinginan dan minum air putih lagi, tapi jangan minum es. Alih-alih minum es, sebaiknya malah minumlah air hangat, syukur-syukur lagi ditambah madu atau anti oksidan alami, yaitu bawang putih, sebab menurut banyak pakar kesehatan bawang putih sangat baik untuk kesehatan tubuh mulai dari pembunuh bakteri sampai memperlancar kinerja jantung dan aliran daerah, apalagi kalau ditambah madu, wuih malah ajib tuh karena madu adalah apotik alami yang luar biasa dari Allah SWT.

Lha kak, kalau saya sudah bangun sejak jam 3 karena tadi sholat malam bagaimana?


Yo, nggak papa dik. Sebelum wudhu sholat malam, minum dulu dua gelas, sehingga tubuh terasa fit melakukan ibadah malam. Olah raganya tetap dilakukan habis shubuh saja, sebab kalau sebelum shubuh sudah olah raga, ditakutkan shubuhnya malah ketinggalan hehehe...

Selamat berolah raga pagi ya, semoga kita semua dikarunia kesehatan, umur panjang dan sukses dunia akhirat,,, Amiin 